Pengalaman Menggunakan Kartu Askes PNS di RS PKU Muhammadiyah Solo

Pengalaman Menggunakan Kartu Askes PNS atau Kartu BPJS di RS PKU Muhammadiyah Solo

Meski memiliki kartu askes karena saya berstatus sebagai PNS, kami tidak selalu menggunakan kartu tersebut, hanya beberapa kali saja. Namun setiap ada tambahan anggota keluarga selalu segera kami urus untuk berjaga-jaga. Kartu itu merupakan hak kami karena membayar iuran tiap bulan yang langsung dipotong dari gaji.

Bila sakit kami mencoba ke dokter keluarga askes dulu tapi kadang tutup atau antrian terlalu panjang, maka kami beralih ke dokter umum. Belum lagi kalau ‘nebus’ obat di apotek, mungkin karena pakai askes jadi lama sekali, kadang di suruh pulang dulu, kalau selesai ditelpon. Inilah yang membuat kami jarang menggunakan kartu askes untuk berobat, apalagi kalau yang sakit anak-anak.


Akhir Nopember lalu, 2 anak kami sakit dan harus dirawat secara bersamaan di rumah sakit, padahal kami baru mempersiapkan biaya untuk kelahiran anak kami yang ke-3 dengan usia kandungan hampir 9 bulan. Anak pertama menderita demam berdarah dan anak kedua menderita radang tenggorokan akut sehingga panas tinggi sehari setelah anak pertama opname. Untunglah kartu askes/BPJS sudah bisa langsung digunakan di rumah sakit swasta meski tanpa surat rujukan. Hak kami menempati kelas 2 sesuai golongan kepangkatan PNS. Karena kondisi anak dan isteri yang sedang hamil (supaya bisa menunggu dengan nyaman) maka kami minta naik kelas 1, namun karena kelas 1 penuh kami naik ke kelas VIP.

Ketika di kelas 2 selama 1 malam, perawatan cukup memuaskan meski pasien kartu askes, maklum di rumah sakit swasta, mungkin di rumah sakit pemerintah juga sudah demikian. Ketika dalam masa perawatan beberapa kali perawat menawarkan obat non BPJS dengan kelebihan kesembuhan bisa lebih cepat dan maksimal. Jika kami bersedia maka kami harus menandatangani pernyataan penggunaan obat non BPJS. Bagi kami penjelasan perawat tersebut sangat membantu kami dalam pemberian informasi mengenai pemilihan obat dan pengambilan keputusan.

Anak kami dinyatakan bisa pulang ketika hari libur sehingga perhitungan biaya yang ditanggung BPJS tidak bisa dilakukan. Pihak rumah sakit meminta pembayaran 70 % dari total biaya kamar, obat dan perawatan karena diperkirakan yang ditanggung BPJS 30%. Apabila terdapat kekurangan atau kelebihan pembayaran pihak rumah sakit akan menghubungi. 3 hari kemudian pihak rumah sakit menghubungi bahwa terdapat kelebihan pembayaran dan bisa diambil. Total biaya yang ditanggung BPJS sekitar 35% dari keseluruhan biaya rumah sakit. Bagi kami manfaat BPJS tersebut sudah sangat membantu mengingat kami naik kelas dari 2 ke VIP dan menggunakan beberapa obat non BPJS.

Semoga pengalaman ini tak terulang kembali
Semoga bermanfaat

Comments

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    ReplyDelete

Post a Comment