Kangkung Semi Hidroponik


Selain menanam bayam dengan teknik yang sama dan sudah panen sebelumnya, minggu ini kami juga memanen hasil berkebun kami, yaitu kangkung. 




Awalnya saya akan menanam dengan metode hidroponik dengan botol memanfaatkan bekas botol air mineral. Namun pengetahuan mengenai nutrisi hidroponik dan pengaturan pH air yang belum saya kuasai membuat saya memodifikasi cara penanamannya. Media yang saya pakai pasir campur kompos sehingga nutrisi yang dibutuhkan tanaman pada awal pertumbuhan langsung diambil dari media tanam. Air yang digunakan adalah air kolam ikan kecil kami yang secara teori bernutrisi dari sisa makanan dan kotoran ikan.  Dengan nutrisi dari air inilah diharapkan tanaman akan tumbuh subur. 


Dengan cara ini tidak perlu menyiram tiap hari, cukup cek dan isi lagi air kalau mau habis. Pemakaian pupuk tambahan hanya sedikit sekali yaitu dengan melarutkan pupuk ke air lalu disemprot ke media tanam. Hasilnya tidak mengecewakan.




Semoga bermanfaat.

Comments

  1. pake pupuk apa om?

    ReplyDelete
  2. dengan teknik yang sama menggunakan talang air bisa produksi untuk kebutuhan konsumsi keluarga..tinggal disusun tiga rak talang air...kanggkung,bayam,selada,sawi,tomat...dlll

    ReplyDelete
  3. dengan teknik yang sama menggunakan talang air bisa produksi untuk kebutuhan konsumsi keluarga..tinggal disusun tiga rak talang air...kanggkung,bayam,selada,sawi,tomat...dlll

    ReplyDelete

Post a Comment