BERBURU TIKET KERETA API KELAS EKONOMI

BERBURU TIKET KERETA API KELAS EKONOMI

Kereta api kelas ekonomi bersubsidi menjadi primadona bagi mayarakat berpenghasilan rendah sebagai transportasi andalan mereka. Bahkan banyak pula masyarakat berpenghasilan menengah dan tinggi pun ikut menikmati kereta ini. Sebagai contoh kereta api Gaya Baru Malam. Bayangkan saja betapa murahnya tiket kereta yang sudah dilengkapi fasilitas AC ini, berangkat dari Jakarta tujuan Surabaya hanya seharga Rp.55.000,- saja. Kalau dibandingkan dengan naik bus sangat jauh harga dan juga waktu tempuhnya. Maka banyak orang berebut untuk mendapatkan tiketnya, tak jarang tiket habis jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, terutama pada waktu akhir pekan atau libur panjang.

Kebijakan PT Kereta Api Indonesia yang melayani penjualan tiket 90 hari sebelum keberangkatan merupakan langkah yang maju. Pemesanan dapat dilakukan melalui agen-agen yang ditunjuk termasuk mini market yang tersebar di berbagai daerah serta dapat dilakukan melalui internet. Pemesanan juga bisa dilakukan dimanapun dengan smartphone. Setelah kode booking diperoleh, biaya dapat di transfer melalui ATM atau e-banking. Setelah dibayar tiketpun bisa dicetak secara mandiri di stasiun kereta api.


Sejak dibukanya akses pemesanan tiket online, para pengguna bisa merencanakan perjalanan mudik atau berwisata jauh hari. Khusus pada waktu menjelang libur panjang terutama lebaran, pengguna kereta api harus siap-siap berebut tiket. Mereka harus rela bergadang menunggu pukul 00.00 untuk bisa memesan tiket pada hari yang diinginkan. Bahkan teman saya sampai butuh 3 malam melakukannya karena pada dua malam sebelumnya gagal memperoleh tiket karena habis setelah pemesanan dibuka, mungkin karena banyaknya peminat. Hal itu juga dilakukan untuk mencari tiket kembali ke Jakarta. 

Bagi orang yang gagal mendapatkan tiket lebaran, sempat khawatir karena harus menggunakan alternatif transportasi lain. Namun akhirnya PT Kereta Api Indonesia menyediakan kereta lebaran tambahan  sehingga bagi calon penumpang yang belum mendapatkan tiket bisa mudik ke kampung halaman dan kembali ke Jakarta menggunakan kereta api.

Comments