Cara Menanam Cabai di Polybag


Setelah berhasil menanam berbagai sayuran dan menikmati hasilnya, kini waktunya mencoba menanam cabai. Kali ini dengan media air (hidroponik) dan media tanah dengan polybag. Masih dalam upaya menghijaukan teras rumah dengan hijauan non tanaman hias. Namun dalam perjalanan waktu penanaman cabai dengan hidroponik kurang optimal karena berbagai sebab. Karena itu kita bahas menanam cabai dalam polybag saja.

Kembali saya menggunakan tanah bercampur pasir di selokan depan rumah ditambah kompos sebagai pengaya nutrisi. Awalnya saya membeli bibit di toko, namun ketika disemai, biji-biji itu tidak tumbuh. Namun dari media tanam tumbuh beberapa kecambah dan beberapa diantaranya adalah cabai. Saya memilih cabai rawit yang tumbuh bagus untuk dipelihara. Sebagai perbandingan saya juga membesarkan cabai merah keriting. Pemilihan cabai rawit karena faktor produktfitas dan umur produksi yang lebih lama, selain itu juga lebih tahan dari hama penyakit.

Bibit di pindah ke polybag lalu siram dengan air yang cukup, tunggu sampai besar. Dalam perkembangannya, tanaman cabai banyak mengalami kendala yaitu hama berupa kutu yang berwarna hitam, kuning atau putih. Alhamdulillah tanpa treatment apapun semua kutu teratasi dengan musuh alami yaitu semut. Penyiraman dan pemupukan dilakukan seperlunya saja.


Hasilnya cabai merah keriting panen lebih dulu, cabai rawit hasilnya luar biasa. 

Penyemaian cabe

Cabe di polybag

Tinggi pohon cabe keriting

Panen pertama cabe merah keriting

Selamat berkebun.


Comments