CARA MUDAH MENANAM SAYURAN



Belakangan ini harga sayuran di pasar naik cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh pasokan yang terganggu akibat bencana alam seperti banjir dan gunung meletus. Sentra pertanian khususnya sayuran didominasi wilayah  dataran tinggi terganggu akibat debu dan pasir vulkanik. Kejadian naiknya harga sayuran  bahan makanan lain  seperti cabai, bawang dll sering terjadi berulang dengan penyebab yang berbeda, bahkan sering membuat pemerintah kalang kabut. Himbauan Menteri Pertanian untuk menanam sayuran dalam upaya menghindari dampak fluktuasi harga kebutuhan sangat tepat. Namun masyarakat belum banyak yang melaksanakannya dan hanya mengandalkan dari petani saja. Mungkin perlu sosialisasi mudahnya berkebun.


Bagi anda yang suka menanam namun tidak mempunyai lahan sempit, ada banyak cara untuk mengatasinya yaitu dengan media pot, polybag, sistem vertikultur atau sistem hidroponik. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Berikut ini cara mudah berkebun yang sudah saya praktekkan menyesuaikan situasi dan kondisi dan cukup berhasil.

Potong botol bekas air mineral jadi 2 bagian, lubangi dengan paku yang dipanasi.

Gunakan kain flanel, potong lalu masukkan ke botol bagian atas.
Susun dengan posisi bagian atas terbalik, isi dengan media tanam, bisa pasir, arang sekam atau media tanam  lain, isi bagian bawah dengan air dan beri pupuk. Untuk awal pertumbuhan tanaman, media tanam perlu di beri pupuk secukupnya.
Isi media dengan bibit.

Kontrol air jangan sampai habis, semakin besar tanaman konsumsi air semakin banyak.

Siap dipanen. Selamat Berkebun.

Comments