Menanam Kacang Panjang di Polybag

Kita menyadari bahwa menjadi petani bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka harus berjuang dengan cuaca, ketersediaan air dan musuh bernama ‘hama’. Selain itu mereka juga harus bersiap dengan fluktuasi harga saat panen yang cenderung tidak bersahabat. Mungkin inilah yang menyebabkan anak muda sekarang tidak mau jadi petani. Salut untuk para petani yang masih bertahan menyediakan pangan bagi kita semua.



Inilah yang memberikan ide untuk mendidik anak berkebun agar merasakan bagaimana tidak mudahnya proses panjang makanan sampai ke mulut kita.


Hari ini, kami panen kacang panjang. Meski sedikit kami menamainya ‘panen’. Pada awalnya ketika menanam, saya ragu  apakah bisa panen ataukah tidak, mengingat bahwa sayuran sangat rentan diserang hama. Meski tanpa pestisida, tanaman kacang panjang ini tumbuh subur tanpa hama dan berbuah cukup panjang dan sehat (70 cm). 

Berbeda dengan metode yang saya pakai untuk menanam bayam dan kangkung dengan semi hidroponik, kacang panjang ini ditanam dengan cara konvensional yaitu dengan polybag berisi pasir, tanah dan kompos.


Selamat berkebun.

Comments